Beranda > Tips - Techno > Jangan Takut Beli Ponsel Cina

Jangan Takut Beli Ponsel Cina

itouch

Banyak orang belum seberapa percaya dengan handphone Cina. Maklum barang dari sana masih identik dengan barang bajakan. Tapi tidak ada salahnya kalau kita mencoba beli handphone Cina, karena banyak juga handphone Cina yang bagus. Berikut tips yang bisa Anda coba:

  1. Perhatikan Konstruksi Bodi

Lihat konstruksi bodinya rapi atau tidak. Handphone Cina memiliki tingkat kualitas yang disebut KW.KW1 lebih bagus dari KW2 dan seterusnya. Tapi tidak ada acuan standarnya.

  1. Cek Fiturnya

Ada baiknya sebelum membeli cek semua fitur yang ada. Coba Bluetooth, Infra merah, kamera, musik, TV, radio dkk. Cek juga firmware hape tersebut.

  1. Cocokkan Spesifikasi

Jangan ragu untuk mencocokkan spesifikasi yang ada di kardus hape atau brosur dengan hapenya. Karena beberapa hape Cina tidak sesuai dengan spesifikasinya. Misalnya di kardus dan di hape tertulis kamera berkekuatan 2 megapixel tapi kenyataannya hanya bias menghasilkan foto berkualitas VGA.

  1. Cek Kelengkapan Aksesori

Yang satu ini jangan sampai kelupaan. Cek perlengkapan hape mulai dari charger, kabel data, headset, CD PC suite hingga kartu memori external.

  1. Periksa Buku Manual

Menurut Ditjen Postel, hape yang beredar di Indnesia harus disertakan buku panduan berbahasa Indonesia. Perhatikan juga isi buku panduan tersebut. Beberapa buku panduan hanya menjelaskan fitur-fitur yang ada pada hape tanpa menjelaskan langkah-langkah menggunakan fitur yang tersedia pada ponsel.

  1. Perhatikan Bahasa Hape

Ini juga menurut Ditjen Postel, hape yang beredar di Indonesia juga harus memiliki bahasa Indonesa di salah satu bahasanya. Standarnya seperti itu.

  1. Perhatikan Garansi

Perhatikan garansi dari hape. Pastikan kamu mendapat garansi selama 1 tahun. Dan pastikan juga garansi tersebut asli bukan asli-aslian. Jangan mau beli handphone baru, diberi garansi satu jam.

  1. Pastikan Servise Center

Sebelum membeli pasatikan hape tersebut memiliki service center. Pastikan lokasi service center tersebut benar-benar untuk service hape, bukan untuk menerima hape rusak lalu servicenya di tempat lain. Ada baiknya kita telpon atau datangi lokasinya untuk memastikan.

  1. Ketahui Kode Rahasia

Bila hape Cina yang kamu beli ada fitur yang butuh kode rahasia, coba cek di buku manual, atau tanyakan ke penjual atau service center.

  1. Cek Keabsahan Handphone

Yang dimaksud adalah apakah handphone yang kita beli sudah terdaftar di Ditjen Postel. Karena bila tidak, itu merupakan handphone black market. Caranya dengan mencari stiker bertuliskan Ditjen Postel di kardus atau di hape itu sendiri.

Untuk lebih pastinya cek juga di situs Ditjen Postel http://www.postel.go.id/webupdate/distand/sertifikasi/xls/tahun08.htm untuk handhone keluaran tahun 20008.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: